Waktu Adalah Pahala  

Posted by Unknown in

Jika orang lain mengatakan bahwa waktu adalah uang, kita sebagai umat Muslim menganggap bahwa waktu bukan hanya sekedar uang, tetapi waktu adalah pahala. Waktu kita adalah hidup kita, sementara tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah, seperti firman Allah SWT pada Al Quran:

"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku". (QS:Adz Dzaariyaat:56).

Jadi jangan biarkan waktu kita dalam kekosongan, apalagi waktu kita diisi dengan kemaksiatan. Kekosongan waktu saja sudah merugikan kita karena kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pahala, apalagi jika waktu kita diisi oleh kemaksiatan.

Jadi jangan biarkan waktu berlalu begitu saja, hal seperti ini sangat dibenci oleh salah seorang sahabat utama Rasulullah SAW yaitu Umar bin Khathab -- semoga Allah ridha kepadanya-- berkata:

"Sesungguhnya aku benci jika melihat salah seorang diantara kamu berpangku tangan, tanpa amal, baik dunia maupun akhirat."

Maka jangan ditunda lagi, segera laksanakan rencana Anda, jangan menunggu besok apa lagi minggu depan, jika kita bisa melakukan sekarang maka lakukanlah, jika tidak ada maka carilah apa yang bisa dilakukan, jika masih tidak bisa isilah kekosongan waktu tersebut dengan hal yang bermanfaat, misalnya dengan membaca buku. Tentu saja tidak lupa dengan ibadah-ibadah utama lainnya.

Sedetik waktu terlewat, tidak akan pernah bisa kembali. Maka jangan sia-siakan waktu yang kita miliki. Pernahkan Anda mengenang waktu yang sudah lewat? Tahunan waktu yang sudah lewat seperti hanya sebentar, oleh sebab itu kita sering mendengar ungkapan, "seperti baru kemarin".

Oleh karena itu ada baiknya kita mengikuti apa yang dikatakan Ibnul Qayyim al Jauziah :

"Orang yang berakal adalah tahu bahwa dunia ini tidak diciptakan hanya untuk mencari kesenangan di dalamnya; karenanya, dalam kondisi apapun ia harus konsisten dalam menggunakan waktunya secara tepat." 



Semoga kita semakin sadar akan pentingnya waktu!!!!
Wallahu A'lam Bishowab.



This entry was posted on Jumat, 18 Desember 2009 at 20.15 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

2 komentar

Sepakat banget tuh, waktu bukan hanya sekedar uang, tapi juga pahala. Maka tinggal bagaimana kita memanfaatkannya saja dengan baik dan sesuai dengan tuntunan agama....

Salam akrab, sahabatku...

19 Desember 2009 pukul 12.17

yups thanks akh...moga bermanfaat juga tuk semua yach...

salam terima kasih untukmu wahai saudaraku..!!

20 Desember 2009 pukul 19.50

Posting Komentar