Muhasabah-Tentang Karya; Tingkah, Tinta, dan Kata  

Posted by Unknown in ,


Suatu ketika kumenyadari..
tentang satu pertanyaan yang menghampiri

Adakah orang bertanya tentang aku,
ketika ku tak pernah menulis sepatah kata?

Adakah orang akan mencari namaku..
ketika ku tak pernah meninggalkan pesan kepada mereka?

Dalam renung, aku segera bergegas
berlari mengejar suara nurani yang pergi jauh, di ujung batas
'nafsu' yang membunuh,
perbuatan yang kerap acuh
Aku terkalahkan oleh lika-liku fatamorgana waktu

Seketika kumenyadari,,
tatkala melihat berjilid-jilid buku para ulama berjejer rapi
Mempersiapkan umat dengan ilmu, warisan para Nabi

Sungguh aku merasa iri,
Tatkala nama mereka dikenang, di sebut-sebut di setiap pengajian
Tatkala nama mereka dijadikan alasan dan hujjah
Tatkala nama mereka di dengungkan para da'i
bahwa itulah tuntunan ,mengikuti para salafus shaleh..

Aku mulai merangkak, berjalan, dan berlari
setapak jalan mulai kutelusuri; lewat tinta dan kata

Aku pun mengawalinya dengan tinta
yang kuharap inilah langkah awalku mengabdikan diri
Sekian lama kubiasakan; kujalani dan nikmati
Ah, ada ganjal di hati!
ternyata tidak sekedar mengukir tinta
hendaklah disertai ilmu dan prilaku nyata

Seketika itu pula aku menyadari kembali,
Bahwa aku tidak seperti tulisanku...
yang ternyata mengumbar bunga-bunga kata
Aku belum  seperti tulisanku...
yang kerap berselaksa makna
Betapa aibnya diri saat itulah kenyataan diri

Ketika ku menyadari bahwa itulah tugasku kini
yang mesti kuperbaiki dengan perbuatan nyata
bahwa itulah satu kepastian yang dihadapi
bahwa tidak sekedar tinta dan kata
tingkah hendak pula bersama

Ingin diri seperti mereka para ulama rabbani,
namun apalah jua...
Aku mesti merawat hati untuk satu tujuan suci
Karena dengan hatilah karya mereka abadi

***
Mari kita mulai merealisasikan apa yang telah terucap dan tuliskan. Mulai memperbaiki dari diri sendiri sebelum menyampaikan, agar terhindar dari apa yang Allah Subhanahu Wata'ala sebutkan dalam Al-Qur'an :"Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan " (As-Shaf, ayat-3). Semoga ini dapat menjadi bahan muhasabah untuk saudara/iku pembaca tulisanku hari ini. Moga kelak kita dalam naungan hidayah dan petunjuk dari-Nya dalam melangkahkan kaki menuju ridho-Nya. [El-Ahmady]

Wallahu A'lam Bishowab...

This entry was posted on Selasa, 16 Agustus 2011 at 07.31 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar